Penyamatan Tanda Pangkat Dan Atribut Angkatan 12,13 Dan 14 S1 Pemerintahan Integratif

Penyamatan Tanda Pangkat Dan Atribut Angkatan 12,13 Dan 14 S1 Pemerintahan Integratif

25 Febuari 2019 Penyamatan merupakan suatu proses yang wajib dilalui oleh mahasiswa S1 pemerintahan integratif, yang mana proses tersebut baru bisa dilewati setelah berhasil melalui kegiatan wajib outbond. Penyamatan bukan hanya sekedar More »

KULIAH TAMU

KULIAH TAMU

Jum’at 1 Maret 2019, Mahasiswa S1 Pemerintahan Integratif khususnya angkatan XII mengikuti kuliah tamu di kampus S1 Pemerintahan Integratif. Kuliah tamu dengan tema “menumbuhkan jiwa wirausaha yang kreatif dan mandiri di zaman More »

Malam Puncak HARLA S1 PIN “Gemilang 14”

Malam Puncak HARLA S1 PIN “Gemilang 14”

Samarinda, 17 November 2018 seluruh keluarga besar S1 Pemerintahan Integratif beserta Alumni bersama-sama merayakan hari lahir Kampus S1 PIN yang ke-14 yang bertempat di Gedung Olah Bebaya.  Dengan banyaknya rangkaian kegiatan yang More »

Bantuan KSR terhadap Donggala

Bantuan KSR terhadap Donggala

Pada Senin, Tanggal 29 Oktober 2018 KSR S1PIN memberikan bantuan kepada korban bencana gempa dan sunami di Palu-Dongala yaitu provinsi Sulawesi Tengah, bantuan berupa makanan mentah, makanan bayi, pakaian, dan keperluan pribadi More »

Alumni Back to Campus (ABC)

Alumni Back to Campus (ABC)

Tepat pada hari Sabtu, 17 November 2018 Mahasiswa/i S1 Pemerintahan Integratif (PIN) melaksanakan salah satu rangkaian acara Gemilang 14 yaitu “Alumni Back to Campus (ABC)” yang di hadiri oleh alumni-alumni S1 Pemerintahan Integratif More »

 

Kuliah Lapangan Pemberdayaan Masyarakat Angkatan XI

Pemberdayaan masyarakat adalah salah satu mata kuliah yang ada dalam perkuliahan semester V di kampus program studi S1 Pemerintahan Integratif Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Kegiatan kuliah lapangan semester V yang dilakukan pada tanggal 10 Desember 2017, dalam kegiatan ini Mahasiswa S1 Pemerintahan Integratif memperoleh suatu pengalaman dan modal yang sangat berperan penting untuk implementasi di dunia kerja nantinya, karena kegiatan kuliah lapangan yang pernah dilakukan memberikan pesan – pesan moral kepada mahasiswa, khususnya untuk mampu membuka pikiran dan kesadaran akan pentingnya menjaga keasrian sungai demi keberlangsungan berbagai aspek kehidupan. Dan dalam pelaksanaan Kuliah Lapangan tersebut Mahasiswa S1 PIN juga melakukan berbagai kegiatan seperti melakukan perawatan bibit pohon spesies asli Sungai Karang Mumus dan menanam pohon di jalur hijau Sungai Karang Mumus.
Adapun manfaat yang di dapat dari pelaksanaan kuliah lapangan dengan mata kuliah pemberdayaan masyarakat yang di adakan kali ini, antara lain :
1. Mengetahui secara langsung profil dari Komunitas Gerakan Memungut Sehelai Sampah Sungai Karang Mumus,
2. Memperoleh ilmu yang tidak di dapat di bangku perkuliahan terkait pelestarian sungai karang mumus dan lingkungannya
3. Menyadarkan pribadi masing-masing akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan sungai
4. Menjalin dan meningkatkan kerja sama terkait upaya pemberdayaan masyarakat dan pribadi sendiri terkait pelestaian sungai