AKSI SOLIDARITAS S1 PIN MELAWAN TERORISME

AKSI SOLIDARITAS S1 PIN MELAWAN TERORISME

Pada tanggal 13 Mei 2018 telah terjadi bom bunuh diri di Surabaya, kejadian tersebut terjadi pada 3 gereja yang berada di Surabaya. S1 Pemerintahan Integratif menyelenggarakan aksi solidaritas melawan terorisme. Mahasiswa/i S1 More »

Colorguard Gita Praja PIN with The Best Performance

Colorguard Gita Praja PIN with The Best Performance

Pada tanggal 29 April 2018 Marching Band S1 Pemerintahan Integratif kembali memperoleh prestasi pada Turnamen Sanga Sanga Open Marching Band, dengan membawa nama Gita Praja Pin Marching Band (GPPMB) dan S1 Pemerintahan More »

MUSYAWARAH BESAR S1 PIN KE-XIV

MUSYAWARAH BESAR S1 PIN KE-XIV

Pada Tanggal 20-21 April 2018, Prodi S1 Pemerintahan Integratif melakukan kegiatan rutinitas yang biasa dilakukan setiap tahunnya yang disebut dengan MUBES (Musyawarah Besar). Dalam MUBES yang ke-XIV ini, Mahasiswa/i S1 Pemerintahan Integratif More »

Upacara Pelepasan Angkatan 2014 (10) Kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Masing – Masing

Upacara Pelepasan Angkatan 2014 (10) Kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Masing – Masing

Pada tanggal 26 maret 2018 ada perasaan sedih dan sekaligus senang yang di rasakan oleh angkatan 2014. Senang karena dapat lulus dengan tepat waktu dan mendapatkan nilai yang memuaskan. Tetapi sedih karena More »

Yudisium Gelombang I Angkatan X Tahun 2018

Yudisium Gelombang I Angkatan X Tahun 2018

Pada tanggal 22 Maret 2018 telah dilaksanakan Yudisium Gelombang I Angkatan X. Mahasiswa/i S1 PIN ikut pula sebagai pengisi acara Yudisium tersebut. Persembahan yang di tampilkan oleh Mahasiswa/i S1 PIN yaitu Paduan More »

 

Kolaborasi Untuk Masa Depan

Kolaborasi Untuk Masa Depan Yang Membahagiakan

Teramat sering ada pertanyaan “Kapan GMSS SKM ada kegiatan?”.

Maka jawabnya juga akan sesingkat pertanyaannya, “Setiap hari ada kegiatan,”.

GMSS SKM dan kini juga SeSuKaMu bukanlah entitas yang berbasis event. Mengusung cita-cita besar untuk mewujudkan kembali budaya air di Kota Samarinda, menjadikan Samarinda sebagai Green Waterfront City, tentu tak bisa dibangun dengan kegiatan hanya di hari-hari tertentu.

Di Muang Ilir, setiap hari ada biji yang harus disemai, bibit yang harus ditumbuhkan, dirawat dan dijaga dan kemudian siap untuk ditanam.

Ada juga lahan yang harus disiapkan, berdialog dengan mereka yang menduduki, dibuat lubang tanam, ditanami, diberi penanda dan dijaga agar apa yang ditanam tumbuh untuk memulihkan ekosistem sungai.

Himpunan Mahasiswa/wi S1 PIN (Pemerintah Intergratif) adalah salah satu yang memahami filosofi ini. Mereka datang dengan sebuah rencana setelah beberapa kali pertemuan pendahuluan.

Merekalah yang kemudian mulai mewujudkan SeSuKaMu (Sekolah Sungai Karang Mumus) menjadi learning and experience centre. Mereka tidak hanya belajar tentang sungai namun mengalami sungai dengan melakukan reclaiming lahan untuk dikembalikan menjadi ruang sungai.

Area seberang depan SeSuKaMu dipilih untuk menjadi lokasi restorasi ekosistem Sungai Karang Mumus. Mereka belajar tentang vegetasi yang dulu hidup di tepian Sungai Karang Mumus, mempersiapkan lubang tanam, menanam, menyirami pohon yang ditanam dan seterusnya.

Namun yang terpenting mereka juga belajar untuk merawat dan menjaga aneka peralatan yang dipakai untuk berkegiatan.

Tentu saja mereka tak lupa untuk bergembira, menikmati air Sungai Karang Mumus dengan menceburkan diri, bermain, berenang untuk mempererat persaudaraan dengan sesama dan lingkungan.

Mereka merencanakan dan mempersiapkan apa yang mereka perlukan untuk berperan secara aktif dalam memulihkan, menjaga dan merawat Sungai Karang Mumus. Termasuk ke depannya mereka juga akan belajar untuk mempersiapkan tanaman yang hendak mereka tanam.

“Paket Lengkap” ini penting, karena kelak mereka akan kembali ke daerah masing-masing, menjadi bagian dari para pengambil kebijakan yang selama ini belum menunjukan model pendekatan pembangunan yang melakukan pengelolaan air secara integratif.

GMSS SKM dan SeSuKaMu bahagia bisa menjadi bagian dari penyadartahuan para insan calon penggerak roda kepemerintahan di masa depan mengawetkan, memuliakan, menjaga dan memanfaatkan air berdasarkan logika dan kaidah ecohidrologi.